Psikologi Pendidikan: Makna Belajar
Sunday, July 10, 2011
0
comments
Berhasil dan tidaknya dalam belajar sangat dipengaruhi oleh dua factor yaitu yaitu factor internal, seperti kondisi fisik, kondisi psikologis, tingkat intelegensi,,kemauan dll yang keduas adalah factor elsternal yang meliputi: kondisi keluarga, kondisi sekolah, lingkungan masyarakat, serta masih banyak lagi faktoe eksternal lainnya.
Hal lain yang menunjang kesuksesan belajar adalah motivasi atau dorongan, misalnya anak akan lebih seemangat belajar karena adanya hadiah atau takut dihukum, juga ada yang belajar karena adanya tugas dll. Namun motivasi yang paling kuat adalah jika keinginan belajar tumbuh dari keinginanya sendiri.embelajaran merupakan upaya-upaya yang harus dilakukan oleh seo0rang pendidik agar sisiwa dapat dan mau melakukan kegiatan belajar. Dalam pembelajaran guru harus mentransfer ,ilmunya kepada anak didiknya dan mampu mengajarkannya secara efektif dan efisiensehingga akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh siswa.
Untuk mengoptimalkan hasil belajar guru harus menguasai berbagae metode-metode pembelajaran yang dapat diterima oleh siswa, seperti ceramah, latihan, Tanya jawab, tugas, diskusi karyawisata, penelitian, metode permainan dll.
Guru sebagai pengajar dan penjdidik tentu harus mempunyai berbagae kompetensi sebagai bekal mengajar dan mendidik baik kompetensi kognitif (ilmu pengetahuan), afektif (sikap) maupun psikomotor (kecakapan jasmaniah).
Dunia Pendidikan:
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Psikologi Pendidikan: Makna Belajar
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://pendidikandasarr.blogspot.com/2011/07/psikologi-pendidikan-makna-belajar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
0 comments:
Post a Comment